10 BAHAYA MAKAN BERLEBIHAN


Makan merupakan salah satu kebutuhan pokok dari manusia selain minum. Umumnya, manusia melakukan kegiatan makan tiga kali dalam sehari yaitu, pada pagi hari yakni sarapan, makan siang dan makan malam. Setiap waktu makan yang disebutkan tersebut memiliki manfaat masing-masing, seperti sarapan manfaatnya adalah untuk mengisi energi kita untuk beraktifitas sampai siang hari, sedangkan makan siang adalah untuk mengganti energi yang telah kita keluarkan selama berkatifitas di pagi hari, dan makan malam adalah untuk menggantikan energi yang kita pakai ketika beraktifitas di siang hari, serta agar ketika tidur kita merasa nyenyak. Semua mahluk ciptaan Alloh ‘Azza wa Jalla membutuhkan makanan untuk melangsungkan kehidupannya. Akan tetapi makan juga tidak boleh dilakukan secara berlebihan.

Alloh ‘Azza wa Jalla telah berfirman, di dalam Qur’an Surat Al-A’rof ayat ke-31,
Artinya,
“Wahai anak Adam, pakailah pakaianmu yang bagus-bagus pada setiap kali memasuki  masjid. Makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sesungguhnya Alloh tidak menyukai sesuatu yang berlebihan”.

Coba kita renungkan bersama sejenak, ayat suci Al-Quran ini sudah turun sejak 1.400 an tahun yang lalu, dan seiring berkembangnya Teknologi, kebenaran Al-Quran sudah terbukti terkait dengan hal ini. Berikut ini akan kita jabarkan mengenai efek negatif ketika kita makan berlebihan,

Yang pertama. Obesitas.
Obesitas adalah berat badan yang berlebihan akibat pola makan seseorang yang salah, selain pola makan, penyebab obesitas adalah karena gen keturunannya, akan tetapi gen ini tidak terlalu berpengaruh terhadap obesitas seseorang. Obesitas ini dapat berperan sebagai media datangnya penyakit terhadap tubuh, misalnya jantung koroner, penyakit ini disebabkan terhambatnya aliran darah yang menuju kejantung akibat pembuluh darah tersumbat oleh lemak. Juga penyakit diabetes mellitus tipe 2, berdasarkan data 80 sampai 90% penderita diabetes mellitus tipe 2 adalah penderita obesitas.

Yang kedua. Makanan tidak tercerna sempurna.
Pendengar. Akibat makanan yang berlebihan, aktifitas lambung dalam mencerna makanan pun akan terganggu. Salah satu akibat yang akan ditimbulkan adalah merasa mual, sehingga makanan yang tadi telah dimakan dapat dimuntahkan kembali. Apabila tidak dimuntahkan maka perut akan terasa sesak.

yang ketiga. Melebarnya ukuran lambung.
Pelebaran ukuran lambung merupakan suatu penyakit yang disebabkan makan berlebihan. Penyakit ini apabila tidak segera diberikan pengobatan maka akan berdampak serius.

Yang keempat. Robeknya Lambung.
Lambung yang biasanya terisi oleh banyak makanan, akan cenderung lebih rentan mengalami kerobekan pada saat lambung tersebut kosong. Dan hal ini akan menimbulkan kematian. Tetapi, perlu diingat bahwa kematian memang sebuah perkara yang sudah menjadi ketetapan Alloh ‘Azza wa Jalla, kita hanya sebatas berusaha agar terhindar dari kematian yang buruk, setiap kita tentunya menginginkan akhir kehidupan yang baik. Dan salah satu cara agar kehidupan kita baik adalah mengatur pola makan kita.

Yang kelima. Menimbulkan rasa malas.
Apabila makan terlalu berlebihan maka tubuh juga cenderung akan malas dalam melakukan aktifitas. Bahkan kita sendiri sering merasakan bahwa jika perut sudah terisi maka akan terasa mengantuk, sehingga malas dalam beraktifitas. Ini yang sering kita rasakan di dalam kehidupan kita.

Yang keenam, merusak penampilan.
Semua orang menginginkan tubuh yang sehat dan ideal. Akan tetapi pola makan yang berlebihan dapat menyebabkan tubuh seseorang menjadi melar dan tidak ideal. Kesulitan dari ukuran tubuh yang tidak ideal ini akan menyebabkan seseorang menjadi kurang percaya diri terhadap dirinya, sehingga menjadi orang yang tertutup.

Maka, berdasarkan Firman Alloh ‘Azza wa Jalla yang telah di bacakan tadi, di dalam Qur’an Surat Al-A’rof ayat 31, tentang efek negatif dari makan berlebihan, maka sebaiknya kita menjaga pola makan yang kita jalani sehari-hari. Karena segala sesuatu yang berlebih itu tidak baik, Maha Benar Alloh ‘Azza wa Jalla dengan Segala Firman-Nya.

yang ketujuh, mengakibatkan gigi rapuh.
Gigi rapuh juga termasuk penyakit yang banyak tersebar di masyarakat kita, lantaran terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula pabrikan. Maka, hal ini jika terlalu sering dilakukan akan mengakibatkan datangnya penyakit kencing manis.

Yang kedelapan. Batu ginjal.
Perlu kita ingat kembali bersama, penyakit ini kebanyakan menimpa orang-orang yang banyak mengonsumsi daging, susu, dan keju. Oleh karena itu, hindari dari banyak mengkonsumsi makanan-makanan tadi.

Yang kesembilan. Pengerasan dinding pembuluh nadi.
Pengerasan dinding pembuluh nadi adalah penyakit berbahaya yang menjangkiti pengonsumsi makanan berminyak. Hal ini disebabkan, mereka mengalami penambahan minyak gula dalam darah.
Dan yang kesepuluh. Nyeri sendi.

Penyakit persendian yang datang secara tiba-tiba dan sangat nyeri, khususnya pada persendian kaki dan ibu jari. Ini diakibatkan karena terlalu banyak mengonsumsi daging.

Demikianlah pembahasan kita pada edisi kali ini, insya Alloh kita akan lanjutkan pembahasannya pada edisi yang akan datang mengenai “Bahaya makan berlebihan dalam pandangan medis”. mudah-mudahan kita bisa mengambil pelajaran dan hikmahnya. Marilah kita jaga diri kita dari perbuatan-perbuatan yang mengakibatkan dampak buruk pada kesehatan diri kita sendiri. Agar tubuh yang sehat menjadi pendukung kita dalam menjalankan hidup sehari-hari kita dengan nyaman, dan lebih baik lagi. Semoga bermanfaat. Wallohu a’lam.





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 BAHAYA MAKAN BERLEBIHAN"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.